Sari, Yunira (2025) Gambaran Coping Stress Mahasantri Putri Dalam Penyesuaian Diri Pada Ma’had Al-Jamiah IAIN Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203870232010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gambaran coping stress mahasantri putri pada Ma’had Al-Jamiah IAIN Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyesuaian diri mahasantri putri pada Ma’had Al-Jamiah IAIN Parepare serta untuk mengetahui gambaran coping stress mahasantri putri dalam proses penyesuaian diri dengan lingkungan asrama dan kegiatan akademik. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan dalam pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan yaitu dari mahasantri putri di Ma’had Al-Jamiah IAIN Parepare berjumlah empat orang. Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan, yaitu (1) bentuk penyesuaian diri yang digunakan oleh mahasantri putri meliputi penyesuaian adaptive, yaitu adaptasi perubahan perilaku yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan penyesuaian adjustive, yang berkaitan dengan psikis terhadap norma dan nilai yang berlaku. (2) Gambaran coping stress yang digunakan mahasantri putri meliputi problem focused coping dan emotion focused coping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Coping Stress, Mahasantri putri, Penyesuaian Diri
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Oct 2025 05:55
Last Modified: 17 Oct 2025 05:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item