Nurfina, Nurfina (2019) Peran Perhatian Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Positif Anak di Desa Masolo Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.3200.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Anak harus tumbuh menjadi anak yang berperilaku positif, tidak tumbuh menjadi perilaku negatif. Orang tua dituntut untuk menumbuhkan perilaku positif anak dengan selalu memperlihatkan tingkah laku yang positif bagi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data maka peneliti terjun langsung kelapangan untuk mendapatkan sumber data primer dengan menggunakan metode observasi dan wawancara kepada informan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu menarik kesimpulan yang bersifat khusus atau kebenaran yang bersifat umum mengenai suatu fenomena dan mengeneralisasikan kebenaran tersebut pada suatu peristiwa yang sama dengan fenomena yang bersangkutan. Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa perhatian orang tua dalam membentuk perilaku positif anak didasari oleh bentuk perhatian orang tua seperti, menghukum, mengarahkan, membimbing, memberi pengawasan, pemberian bimbingan dan nasehat. sehingga perilaku anak di Desa Masolo menunjukan perilaku positif seperti, jujur, tanggujawab, membantu pekerjaan orang tua, menaati perintah orang tua dan taat beribadah. Anak dapat berubah sikapnya kerna adanya rangsangan dari orang tua ( stimulus) yang berkomunikasi dengan anak ( organisme) dengan menunjukan perilaku atau bimbingan dari orang tua yang baik sehingga anak dapat juga meniru apa yang telah diarahkan oleh orang tua mereka ( respons).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, OrangTua, Perilaku anak
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Feb 2020 06:25
Last Modified: 27 Feb 2020 06:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item