Dewi, Juria (2025) Efektivitas Problem Focused Coping Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
19.3200.028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem focused coping dalam meningkatkan motivasi belajar di UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian quasi experiment: one group pretest and posttest design. Jumlah sampel yang digunakan adalah 8 orang dari kelas 12 UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired T-Test dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05 yang artinya problem focused coping efektif dalam meningkatkan motivasi belajar sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hipotesis adanya pengaruh varibel (x) terhadap (y) terbukti secara signifikan. Berarti penelitian menerima teori efektivitas problem focused coping terhadap motivasi belajar. Hal tersebut diketahui dari perhitungan data secara individual yang dilakukan, terdapat 8 subjek yang mengalami peningkatan skor pada hasil data post-test setelah diberikan perlakuan berupa pelatihan problem focused coping.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Focused Coping, Motivasi Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:25 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |