Sani, Sani (2020) Pengaruh Muraja’ah Baca Al-Qur’an terhadap Peningkatan Kelancaran Hafalan Surah Al-Naba Peserta Didik Kelas V (Lima) SDIT Bina Insan Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0211.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Muraja’ah baca Al-Qur’an adalah suatu kegiatan mengulang-ulang kembali bacaan yang telah dihafalkan agar tidak hilang atau terlupakan untuk mempertahankan hafalan tersebut. Dalam hal ini agar lebih lancar tidak tersendak ketika menyetor hafalan tersebut. Semakin sering muraja’ah baca Al-Qur’an akan semakin mempermudah mempertahankan hafalan tersebut dan semakin lancar menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Muraja’ah Baca Al-Qur’an terhadap Peningkatkan Kelancaran Hafalan Surah Al-Naba Peserta Didik Kelas V (Lima) SDIT Bina Insan Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain Total group Populasi dan instrumen pengumpulan data digunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan Product Moment. Muraja’ah Baca Al-Qur’an terhadap Peningkatkan Kelancaran Hafalan dimanfaatkan sebagai jalur untuk mencapai salah tujuan dalam pembelajaran. Agar peserta didik tidak lupa terhadap apa yang selama ini di hafalkan. Tingkatan muraja’ah baca Al-Qur’an peserta didik kelas 5 SDIT Bina Insan Parepare. Tingkat Atas, Tingkat Menengah, Tingkat Dasar, dan yang terakhir tingkat Umum. Gambaran kelancaran hafalan peserta didik kelas 5 SDIT Bina Insan Parepare. Metode Hitungan Jari, Metode Permainan, Metode Penugasan Rumah/PR, muraja’ah Berpasangan, Sosio Drama. Metode menghafal Al-Qur’an ada dua macam yang satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan, yaitu metode tahfiz dan takrir. Tahfiz: yaitu menambah hafalan materi baru yang belum pernah dihafal. Takrir: Yaitu mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada instruktur. Pengaruh muraja’ah baca Al-Qur’an dalam proses pembelajaran PAI peserta didik kelas 5 SDIT Bina Insan Parepare diperoleh hasil dalam penelitian ini nilai koefisiensi korelasi dihasilkan adalah 0,530%, di mana hubungannya itu sifatnya Sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil angket yang dibagikan kepada 38 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengaruh muraja’ah baca Al-Qur’an terhadap peningkatan kelancaran hafalan peserta didik pada mata pelajaran PAI. Dari taraf signifikan 5% diperoleh r_(tabel )=0,320 hipotesis alternatif diterima, karena r_xy=0,530>r_(tabel )=0,320 maka hipotesis Hi diterima. Berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan t hitung ≥ t tabel maka hipotesis dapat diterima dan ini berarti terdapat pengaruh muraja’ah baca Al-Qur’an terhadap peningkatan kelancaran hafalan peserta didik kelas 5 SDIT Bina Insan Parepare.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Muraja’ah Baca Al-Qur’an, Kelancaran Hafalan
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:47
Last Modified: 25 Feb 2020 01:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item