Dahlan, Ahmad (2025) Pelayanan Publik Di Kantor Samsat Kota Parepare (Tinjauan Siyasah idariyah). Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203874235025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Standar pelayanan, yang berfungsi sebagai tolok ukur penyampaian dan evaluasi mutu layanan, wajib dipatuhi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Dedikasi dan tanggung jawab penyedia layanan kepada publik untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi, cepat, sederhana, terjangkau, dan terukur tercermin dalam kriteria ini. Penelitian ini untuk menjelaskan mekanisme pelayanan publik di Kantor SAMSAT Kota Parepare, Untuk mengidentifikasi faktor penghambat di Kantor SAMSAT Kota Parepare dalam meningkatkan pelayanan publik, Untuk menganalisis tinjauan Siyasah idariyah terhadap peran Kantor SAMSAT Kota Parepare dalam meningkatkan pelayanan publik. Penelitian ini mengambil data pada Kantor SAMSAT Kota Parepare. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penngumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan hasil wawancara. Data kemudian di analisis secara mendalam untuk mengindetifikasi pelayanan publik di Kantor SAMSAT Kota Parepare. Hasil penelitian terbagi menjadi tiga yaitu, Pertama Mekanisme pelayanan publik di Kantor SAMSAT Kota Parepare dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajiban administratif kendaraan bermotor, adapun Prosedur layanan registrasi dan antrian, vertifikasi dokumen, dan pembayaran SAMSAT Kota Parepare mempunyai layanan digital sudah dilengkapi samsat online melalui aplikasi dan SAMSAT link untuk pembayaran pajaknya, SAMSAT Parepare juga menggunakan inovasi pelayanan SAMSAT keliling dan gerai SAMSAT dan kualitas pelayanan nya melalui berbagai inovasi dan evaluasi berkala. Kedua Seperti yang diketahui masih banyak masyarakat yang belum melakukan pergantian plat kendaraan sesuai daerah Kota Parepare dikarenakan pelayanan yang disediakan terlalu rumit sehingga masyarakat kurang perhatian dalam hal pengurusan registrasi perubahan identitas kendaraan. Ketiga Siyasah idariyah ini telah di terapkan di Kantor SAMSAT Kota Parepare tergantung dari apa yang telah di realsasikan oleh pegawainya sudah diterapkan dalam pelayanan sebagaimana mestinya sesuai SOP Standar Operasional. Kita tentunya tahu bahwa semua sistem dan standar pelayanan yang ada mulai dari fasilitas dan anggaran merupakan suatu usaha dalam perwujudan yang dilakukan Kantor SAMSAT Kota Parepare merupakan upaya untuk mencapai kesejahteraan terhadap masyarakat dalam kepengurusan registrasi dan indetifikasi kendaraan bermotor sudah memadai. Pelayanan publik di Kantor Samsat Parepare telah menunjukkan kinerja yang cukup baik sesuai dengan prinsip siyasah idariyah, ditandai dengan kemudahan akses layanan, pemanfaatan teknologi yang responsif, dan dukungan yang memadai terhadap sumber daya manusia yang berkualitas. Kehadiran layanan keliling juga turut memperluas cakupan pelayanan dan berkontribusi pada peningkatan penerimaan pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Siyasah Idariyah, SAMSAT
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Tata Negara
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Oct 2025 06:28
Last Modified: 16 Oct 2025 06:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item