Sabriani, Sabriani (2025) Implikasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Barru Di Jenjang SMP Terhadap Perundungan (Bullying). Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
2120203874235054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana kebijakan Pemerintah Kabupaten Barru di bidang pendidikan diimplementasikan dalam rangka menangani kasus perundungan (bullying) di lingkungan sekolah, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada informan utama dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Barru, seperti Kabid GTK, Kabid Dikdas, Analis Kurikulum, Analis Kinerja, serta Kasubag Umum dan SDM. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Barru telah menunjukkan komitmen nyata melalui berbagai program strategis seperti pembentukan Satgas Anti-Perundungan, penerapan Sekolah Ramah Anak, pelatihan guru secara rutin, serta penguatan pendidikan karakter di dalam kurikulum. Peran guru, khususnya wali kelas dan guru Bimbingan Konseling, sangat krusial dalam mendeteksi dan menangani perundungan. Meskipun demikian, pelaksanaan kebijakan ini belum merata di seluruh sekolah karena masih ditemukan kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia, belum optimalnya sistem pelaporan, kurangnya keterlibatan orang tua, serta lemahnya koordinasi lintas sektor. Efektivitas kebijakan ini masih perlu diperkuat melalui evaluasi berkala, peningkatan kapasitas tenaga pendidik, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pendekatan lapangan (empiris) yang secara langsung menggali pengalaman dan pandangan para pelaksana kebijakan di tingkat daerah. Berbeda dengan studi sebelumnya yang bersifat normatif dan fokus pada regulasi nasional, penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam menilai efektivitas implementasi kebijakan di level lokal, serta penguatan sistem perlindungan anak di sekolah. Penelitian ini juga memperkuat urgensi integrasi pendidikan karakter dan keterlibatan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebijakan pendidikan, perundungan, perlindungan anak. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Tata Negara |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 06:22 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 06:22 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |