Mardiana, Mardiana (2025) Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Perlindungan Konsumen Dalam Kerusakan Barang Jaminan Di Pegadaian Syariah. Other thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
2120203874234016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan hukum ekonomi syariah terhadap perlindungan konsumen dalam kasus kerusakan barang jaminan di Pegadaian Syariah UPS Pasar Sentral Pinrang. Fokus kajian mencakup Bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh pegadaian syariah untuk meningkatkan perlindungan konsumen dalam kasus kerusakan barang jaminan, perlindungan seperti penyimpanan barang dalam brankas dan pencantuman klausul perlindungan dalam surat gadai. Bagaimana bentuk penanganan yang diberikan oleh pegadaian syariah ketika mengalami kerusakan barang jaminan adanya kerusakan Pegadaian juga memberikan kompensasi atau ganti rugi sesuai nilai taksiran. Bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap perlindungan konsumen dalam kerusakan barang jaminan di pegadaian syariah, khususnya di pegadaian UPS Pasar Sentral Pinriang dan secara umum telah menerapkan prinsip keadilan, transparansi, dan tanggung jawab sesuai hukum ekonomi syariah, meskipun masih terdapat kekurangan pada aspek pengawasan dan edukasi konsumen. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif dan sosiologis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian lapangan ini menggambarkan secara langsung praktik perlindungan konsumen di lingkungan Pegadaian Syariah, khususnya dalam pengelolaan barang jaminan yang mengalami kerusakan selama masa penitipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pegadaian Syariah bertanggung jawab atas kerusakan barang yang disebabkan kelalaian, dan proses penyelesaian dilakukan melalui musyawarah. Perlindungan konsumen telah mengarah pada prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah, namun disarankan adanya peningkatan dalam sistem pengawasan, prosedur klaim, dan edukasi konsumen guna membangun kepercayaan dan memberikan perlindungan hukum yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akad Gadai Rahn; Barang Jaminan; Hukum Ekonomi Syariah; Pegadaian Syariah; Perlindungan Konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:26 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:26 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |