Nurhayati, Nurhayati (2019) Hubungan Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Terhadap Minat Peserta Didik Membaca Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Guppi Kaluppang Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.1100.100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Metode Pembelajaran adalah teknik atau cara yang digunakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar yang telah direncanakan sebelumnya agar dapat diserap dan dipahami oleh peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Pembelajaran Al-Qur'an Hadis merupakan salah satu yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik. Mata pelajaran Al-Qur'an Hadis memiliki konstribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Minat baca Al-Qur'an adalah suatu perasan yang muncul dalam diri seorang anak yang memotivasinya untuk tertarik dalam membaca Al-Qur'an Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pembelajaran Al-Qur'an Hadis terhadap minat peserta didik membaca Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Guppi Kaluppang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran Al-Qur'an Hadis termasuk kategori tinggi dengan angka persentasi yaitu 83 %. (2) minat peserta didik membaca Al-Qur'an termasuk kategori tinggi dengan angka persentasi yaitu 80 %. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran Al-Qur'an Hadis terhadap minat peserta didik membaca Al-Qur'an, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nila signifikansi = 0,000 < 0,05 atau nilai Thitung 6.134 > ttabel 1.981 pada taraf signifikan 5%. Besarnya hubungan anatara pembelajaran Al-Qur'an Hadis dengan minat peserta didik membaca Al-Qur'an adalah sebesar 0.255% atau 25,5%, dalam artian bahwa 74,5 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Al-Qur'an Hadis, dan Minat Baca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Feb 2020 08:06
Last Modified: 19 Feb 2020 08:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item