Salfiyah Arabiyah, Ani (2025) EFEKTIVITAS POS BANTUAN HUKUM DALAM MEMBERIKAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT TIDAK MAMPU DI PENGADILAN AGAMA BATULICIN. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203874230039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pos Bantuan Hukum dalam Memberikan Layanan Kepada Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan Agama Batulicin. Adapun permasalahan yang diangkat adalah (1) peran pos bantuan hukum di Pengadilan Agama Batulicin dalam memberikan akses layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu, (2) tantangan yang dihadapi oleh pos bantuan hukum dalam memberikan layanan kepada masyarakat tidak mampu di Pengadilan Agama Batulicin, dan (3) efektivitas pelayanan pos bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Pengadilan Agama Batulicin. Jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis sosiologis yang menggunakan metode kualitatif yang dihasilkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari pihak-pihak terkait, termasuk pengguna layanan Posbakum, dan petugas Posbakum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) posbakum di Pengadilan Agama Batulicin memegang peran yang sangat penting dan strategis dalam memastikan masyarakat tidak mampu dapat mengakses keadilan. Layanan yang disediakan Posbakum meliputi konsultasi hukum, pemberian informasi mengenai proses persidangan, dan bantuan dalam penyusunan dokumen hukum. Akses ke layanan ini dibuat mudah, dengan menunjukkan identitas diri dan bukti ketidakmampuan, dengan proses verifikasi yang tidak memberatkan, (2) kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya manusia, di mana hanya ada satu petugas yang berjaga dan melayani banyaknya pemohon setiap hari. Hal ini menyebabkan antrean yang panjang dan berpotensi menurunkan kualitas layanan. Posbakum juga menghadapi tantangan dalam komunikasi dan pemberian informasi awal. Seringkali ada ketidakjelasan dari Petugas mengenai dokumen persyaratan awal sehingga membuat pemohon harus bolak-balik. Kendala lainnya ialah kurangnya sosialisasi yang merata, terutama di daerah pelosok. (3) efektifitas layanan Posbakum di Pengadilan Agama Batulicin secara hukum dan perundang-undangan telah memberikan dasar yang jelas bagi petugas. Sarana dan prasarana, keberadaan ruangan khusus yang privat sangat mendukung kenyamanan dan kerahasiaan pemohon. Faktor masyarakat menjadi kendala signifikan karena kurangnya kesadaran dan persepsi negatif terhadap pengadilan, yang membuat mereka enggan datang. Faktor budaya hukum juga menunjukkan bawha sebagian masyarakat lebih memilih menyelesaikan masalah secara informal atau enggan berperkara

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pos Bantuan Hukum, Masyarakat Tidak Mampu, Akses Keadilan.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180102 Access to Justice
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 15 Oct 2025 04:16
Last Modified: 15 Oct 2025 04:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item