Nurhardianti, Nurhardianti (2018) Strategi BRI Unit Hasanuddin Parepare dalam Menjaga Loyalitas Nasabah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2300.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

BRI Unit Hasanuddin Parepare merupakan salah satu lembaga keuangan yang memiliki banyak produk yang dapat menimbulkan rasa loyalitas nasabah serta memiliki nasabah yang dapat diandalkan untuk menghadapi pesaing. Di mana sekarang banyaknya pesaing yang menawarkan berbagai produk maka seiring berjalannya waktu juga akan menjadi tantangan untuk BRI Unit Hasanuddin untuk meningkatkan kualitasnya sehingga dapat mempertahankan nasabahnya. Dalam faktanya masyarakat bisa cepat berubah fikiran. Penelitian ini berusaha untuk menjawab beberapa permasalahan yang berkaitan dengan strategi dalam menjaga loyalitas nasabah yang ada pada BRI Unit Hasanuddin. Hal-hal yang dipermasalahkan adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan bagaimana evaluasi BRI Unit Hasanuddin dalam menjaga loyalitas nasabahnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dari penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun tehnik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan BRI Unit Hasanuddin dalam menjaga loyalitas nasabah, telah menerapkan visi dan misi memberikan pelayanan yang baik dengan mendatangi nasabah menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah degan menentukan perencanaan jangka panjang dan perencanaan jangka pendek. (2) Pelaksanaan BRI Unit Hasanuddin Parepare dalam menjaga loyalitas nasabah yaitu melaksanakan program undian untuk nasabah. Program yang dijalankan sangat efektif karena program undian menjadi daya tarik untuk nasabah menggunakan produk tabungan simpedes dan menjadi salah satu faktor pendukung dalam peningkatan presentasi pengguna BRI Unit Hasanuddin dan produk tabungan Simpedes (3) Evaluasi BRI Unit Hasanuddin Parepare yang dilakukan dengan meriview faktor internal dan faktor eksternal dengan melalui evaluasi terhadap produk yang dijalankan selain itu BRI Unit Hasanuddin Parepare juga melakukan evaluasi kinerja karyawan dengan memberi rangking karyawan dan melakukan evaluasi produk knowledge.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Loyalitas, Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Feb 2020 07:27
Last Modified: 17 Feb 2020 07:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item