Waris, Abd (2025) KETELADANAN PEMBINA DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-WAHID PAPE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203886108002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) penerapan pendekatan keteladanan, b) pembinaan akhlakul karimah dan c) efektivitas pendekatan keteladanan tarhadap pembinaan akhlakul karimah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan desain penelitian kualitatif yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat hasil temuan di lapangan dengan merujuk pada masalah penelitian diuraikan dengan cara deskriptif kualitatif untuk menginterpretasikan beberapa kondisi riel yang ditemukan dengan cara metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang berfokus pada pendekatan keteladanan dengan menguraikan sebanyak 4 aspek dan 9 indikator dengan menguraikan sebanyak 18 pertanyaan, sedangkan untuk penanaman akhlakul karimah dengan menguraikan sebanyak 5 aspek dan 11 indikator dengan menguraikan sebanyak 22 pertanyaan. Lokasi dalam penelitian ini dilaksanakan di pondok Pesantren Al-Wahid Pape. Penulis melakukan pendekatan penelitian dengan menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dalam pengambilan data, Serta teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan, kemudian dilanjutkan dengan uji keabsahan Triangulasi melalui sumber yang berarti bahwa dari hasil dari wawancara terhadap hasil pengamatan data perspektif yang berbeda tentang penanaman akhlakul karimah. Hasil penelitian ditemukan 1) empat tahapan yaitu: transformasi nilai-nilai akhlak, transaksi nilai dalam berinteraksi, internalisasi mengenai kelebihan dan kekurangan, dan keteladanan langsung dari Kyai dan ustad, 2) Pembinaan akhlakul karimah santri dilakukan dengan pendekatan keteladanan dalam implementasi nilai-nilai nilai-nilai akhlakul karimah secara optimal yaitu: a) pembelajaran di dalam dan luar kelas, b) sikap yang ramah dalam berinteraksi, c) pembiasaan berbusana syar'i, d) penggunaan bahasa yang santun, dan e) menjaga kebersihan lingkungan pondok, dan 3) Pendekatan keteladanan terbukti efektif dalam membina akhlakul karimah para santri dari pengaruh keteladan para kyai dan ustadz, proses internalisasi nilai-nilai agama, serta lingkungan pondok pesantren. Rekomendasi mengenai pendekatan keteladanan pada santri kelas VII di Pondok Pesantren Al-Wahid Pape dalam pembinaan akhlakul karimah santri yaitu: 1) Penguatan peran kyai dan ustadz perlu terus ditingkatkan kualitas keteladanan kyai dan ustadz agar menjadi panutan yang lebih baik bagi santri, 2) Diversifikasi metode pembinaan dalam penerapan pendekatan keteladanan, perlu dilakukan diversifikasi metode pembinaan lainnya, seperti diskusi kelompok, studi kasus, dan kegiatan kreatif, 3) Evaluasi berkelanjutan dilakukan evaluasi secara berkala untuk melihat sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dan perbaikan apa yang perlu dilakukan, 4) Pengembangan kurikulum sebagai adaptasi dalam mengembangkan dan relevan capaian alumni sesuai kebutuhan zaman dan tantangan yang dihadapi oleh santri

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Keteladanan, dan Pembinaan Akhlakul Karimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 14 Oct 2025 05:46
Last Modified: 14 Oct 2025 05:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item View Item