Hudri, Mua’mmar (2025) Penerapan Metode Turki dalam Memberi Penguatan Hafalan Santri Tahfidz Al-Qur’an Darul Imam Masjid Agung Kabupaten Sidenreng Rappang. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108003 MUA'MMAR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Metode Turki, telah lama diakui dalam literatur pendidikan Islam. Dalam konteks tahfidz, penerapan penguatan positif melalui metode Turki terbukti efektif meningkatkan motivasi santri. Di Darul Imam Masjid Agung Kabupaten Sidenreng Rappang, metode Turki digunakan sebagai pendekatan utama untuk mendukung santri tahfidz dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis penerapan metode Turki pada Lembaga Tahfidz Al-Qur’an Darul Imam Masjid Agung Kabupaten Sidrap: (2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode Turki pada Lembaga Tahfidz Al-Qur’an Darul Imam Masjid Agung Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, uji keabsahan data menggunakan teknik credibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lembaga Tahfidz Al-Qur’an Darul Imam Masjid Agung Kabupaten Sidrap mengadaptasi kurikulumnya sendiri dari bahasa Turki ke bahasa Indonesia, menunjukkan fleksibilitas dan penyesuaian metode ini dengan kebutuhan lokal, dengan Metode Turki Ustmani, hafalan dimulai dari halaman terakhir (halaman ke-20) juz pertama, kemudian lanjut ke halaman terakhir dari juz kedua, dan seterusnya. Hafalan dilakukan dengan urutan mundur atau disebut putaran, dimulai dari halaman terakhir dari setiap juz dan berlanjut ke halaman sebelumnya. (2) Faktor pendukung Metode Turki Ustmani meliputi: kualitas guru tahfidz, sarana dan prasarana di Darul Imam yang memadai serta support masyarakat sekitar. Di sisi lain, perlunya adaptasi terhadap metode ini, inkonsistensi santri, keseringan pulang kampung dan daya tangkap setiap individu berbeda beda menjadi faktor penghambat penerapan Metode Turki di Lembaga Tahfidz Al-Qur’an Darul Imam Mesjid Agung Kabuapten Sidrap.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Turki Utsmani, Penguatan Hafalan, Lembaga Tahfidz Al-Qur’an.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 05:55
Last Modified: 13 Oct 2025 05:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item View Item