Idar, Idar (2025) Strategi Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran PAI di SDN 3 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2220203886109066 IDAR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penulis dalam Tesis ini membahas tentang Strategi Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran PAI di SDN 3 Parepare. Permasalahan utamanya adalah apakah Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Parepare dengan tujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengimplementasikan fun learning berbasis video animasi pada pembelajaran PAI dan menganalisis apakah strategi guru efektif dalam menciptakan pembelajaran fun learning berbasis video animasi pada pembelajaran PAI. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dekomentasi kepada 3 Guru PAI dan 5 peserta didik. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dideskripsikan bahwa (1) Strategi guru dalam mengimplementasikan fun learning berbasis video animasi pada pembelajaran PAI yaitu tahapan perencanaan media animasi, pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan yang menyenangkan dan evaluasi yang menyenangkan menggunakan LKS dan tes lisan, guru berhasil menciptakan pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa. (2) Strategi guru efektif dalam menciptakan pembelajaran fun learning berbasisi video animasi pada pembelajaran PAI serta penggunaan video animasi efektif dalam menarik perhatian siswa, memfasilitasi pemahaman materi secara visual, dan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, menjadikan suasana kelas lebih dinamis dan interaktif, serta mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bermanfaat dalam bidang pendidikan di mana teknologi yang digunakan yaitu video animasi dapat tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan, interaktif dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Fun Learning , Video Animasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 05:50
Last Modified: 13 Oct 2025 05:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item View Item