Annur, Destina Efri (2025) Pengaruh Harga, Citra Merek dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Transportasi Online di Kota Parepare. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203860102050 DESTINA EFRI ANNUR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini menitik beratkan pada permasalahan pencapaian faktor-faktor tersebut kepada tiga provider penyedia jasa transportasi online di Parepare yaitu Grab, Maxim dan Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan transportasi online di Kota Parepare yaitu pelanggan Grab, Maxim dan Gojek. Adapun faktor-faktor yang dianalisis adalah variabel harga, citra merek dan promosi. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan) dengan pendekatan asosiatif. Populasinya adalah Masyarakat Kota Parepare yang menggunakan Grab, Maxim maupun Gojek, dengan jumlah sampel sebanyak 90 sampel dengan kriteria tertentu. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah Kuesioner / Angket melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan: berdasarkan hasil uji korelasi, diperoleh bahwa Harga (X1) tidak memiliki korelasi terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikansi 0,071 > 0,05 maka H1 ditolak, sedangkan Citra Merek (X2) dan Promosi (X3) memiliki korelasi atau hubungan dengan Loyalitas Pelanggan (Y) dengan masing-masing nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 maka H2 dan H3 diterima . Nilai Pearson Correlation X2 terhadap Y yaitu 0,710 yang artinya Tingkat Korelasinya Kuat. nilai Pearson Correlation X3 terhadap Y yaitu 0,417 yang artinya Tingkat Korelasinya sedang. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai 0,000 < 0,05 maka H4 diterima. Terdapat pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai 0,000 < 0,05 maka H5 diterima. Selanjutnya, terdapat pengaruh antara Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai 0,007 < 0,05 maka H6 diterima. Selanjutnya berdasarkan hasil uji f menunjukkan bahwa nilai f hitung lebih besar dari f tabel dimana 52,912 > 2,71 maka dapat diartikan bahwa variabel harga, citra merek dan promosi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan maka H7 diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Harga, Citra Merek, Promosi dan Loyalitas Pelanggan.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 05:35
Last Modified: 13 Oct 2025 05:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11032

Actions (login required)

View Item View Item