S, Ikbal (2025) Penggunaan Aplikasi Quran Kemenag Untuk Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa kelas XII di SMAN 2 Parepare. (Di bimbing oleh Firman dan Marhani). Masters thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Text)
2220203886108040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Membaca Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Quran Kemenag serta membandingkannya dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Membaca Al-Qur’an diukur berdasarkan tiga aspek utama, yaitu pemahaman hukum tajwid, kemampuan membaca Al-Qur'an, dan pengetahuan terhadap isi Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain pre-test dan post-test pada dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Instrumen penelitian meliputi tes Membaca Al-Qur’an yang mencakup kemampuan membaca, memahami hukum tajwid, dan pemanfaatan aplikasi Qur'an Kemenag, serta angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen valid dan reliabel. Uji Paired Samples Test pada kelompok kontrol menunjukkan nilai signifikansi 0.008, yang mengindikasikan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi meskipun tanpa perlakuan khusus. Sementara itu, uji pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai rata-rata selisih pretest dan posttest dengan nilai signifikansi 0.000, yang lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang sangat signifikan setelah penggunaan aplikasi Qur'an Kemenag. Perbandingan antara kelompok kontrol dan eksperimen juga menunjukkan perbedaan signifikan, yang menegaskan efektivitas aplikasi dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran agama, khususnya dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui penggunaan aplikasi digital. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di institusi pendidikan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-qur’an, Aplikasi Qur'an Kementerian Agama, dan SMAN 2 Parepare. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:57 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 03:57 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
