Rahmawati, Rahmawati (2025) Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Minat Belajar Peserta Didik di MI Attaufiq Palanro Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2220203886108032 RAHMAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik terhadap penggunaan smartphone dan penggunaan smartphone berdampak pada Minat belajar peserta didik MI Attaufiq Palanro Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penulis melakukan pendekatan penelitian lapangan (field research) merupakan suatu serangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam tentang suatu program, peristiwa, dan aktivitas, baik pada tingkat perorangan, sekelompok orang, lembaga atau organisasi untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa tersebut; instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu melalui alat pengumpulan data yaitu pedoman wawancara; teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi; dan pengujian keabsahan hasil penelitian yaitu triangulasi metode, triangulasi antar peneliti, triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah: (1) minat belajar peserta didik di MI Attaufiq Palanro Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru sangat dirasakan pertumbuhannya. Fasilitas pembelajaran berbasis teknologi yang memadai dan lingkungan yang bersih dan nyaman. Proses pembelajaran terasa menyenangkan, kreatif, inovatif dan memberikan semangat baru dalam melakukan pembelajaran. Keduanya dmampu meningkatkan minat belajar peserta didik. (2) penggunaan smartphone berdampak pada minat belajar peserta didik MI Attaufiq Palanro Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru adalah: (a) Dampak Positif yaitu: smartphone dapat digunakan untuk mencari pembejaran, peserta didik menjadi mandiri dalam belajar, peserta didik merasa senang dan bahagia pada proses pemebalajran. (b) Dampak Negatif yaitu: peserta didik jadi malas membaca buku, fokus peserta didik dapat terganggu, rasa bosan dan stress pada pembelajaran online, peserta didik jadi kecanduan dan dapat meganggu hubungan sosial peserta didik. Solusi (a) guru memberikan tugas tambahan, pemberian nasehat, dan menjalin kerjasama dengan orang tua. (b) orang tua mengawasi penggunaan smartphone, pemberian aturan khusus pada penggunaan smartphone. Saran terhadap madrasah melakukan kerjasama yang baik dengan orang tua peserta didk terhadap penggunaan smartphone. Bagi pendidik meningkatkan kreatifitas dalam menggunakan media. Bagi peserta didik harus bijak dalam menggunakan smartphone.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan smartphone, minat belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:45
Last Modified: 13 Oct 2025 03:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item