Herniwati, Herniwati (2025) Pemanfaatan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah DDI Awang Awang Kabupaten Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2220203886108016 HERNIWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah DDI Awang Awang, Kabupaten Pinrang. Peserta didik seringkali menghadapi kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan secara konvensional, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih inovatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media digital dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta mengeksplorasi bagaimana media tersebut dapat memengaruhi minat dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada Siklus I, intervensi dilakukan dengan memanfaatkan media digital berupa video animasi yang dirancang untuk mendukung pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep Aqidah Akhlak. Selanjutnya, pada Siklus II, media digital dimodifikasi dengan menambahkan elemen interaktif, seperti kuis digital dan simulasi langsung yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara dengan peserta didik dan guru untuk mengevaluasi efektivitas intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada Siklus I, rata-rata nilai hasil belajar meningkat menjadi 73,75, meskipun masih terdapat peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan modifikasi pada Siklus II, rata-rata nilai hasil belajar meningkat menjadi 88,12, dengan hampir seluruh peserta didik mencapai KKM. Penelitian ini menegaskan bahwa media digital tidak hanya berperan dalam meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya inovasi dalam strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal, khususnya dalam konteks pendidikan berbasis nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media digital, hasil belajar, pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:45
Last Modified: 13 Oct 2025 02:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item