Nurdin, Nurdin (2025) Penggunaan media video pembelajaran melalui youtube untuk meningkatkan pemahaman masbuk dalam shalat peserta didik di MTs Maarif Kabupaten Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2220203886108015 NURDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan media video pembelajaran melalui youtube masbuk dalam shalat untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di MTs Maarif Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media video pembelajaran melalui youtube dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart, yang berbentuk spiral dari siklus pertama dengan siklus kedua. Setiap siklus meliputi planning (rencana), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Adapun alurnya adalah identifikasi masalah, yaitu peneliti menetapkan permasalahan yang akan dikaji; merencanakan yaitu peneliti menyusun rencana tindakan /solusi terhadap pemecahan masalah; pelaksanaan yaitu peneliti melaksanakan tindakan yang telah dirumuskan pada RPP; observasi yaitu peneliti mengamati perilaku siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajarann; refleksi yaitu peneliti mencatat hasil observasi dan mengevaluasi hasil dari observasi. Proses penyelesaian permasalahan utama dalam penelitian ini adalah memperbaiki proses belajar dengan menggunakan media video pembelajaran melalui youtube. Hasil penelitian ini adalah: (1) penggunaan media video pembelajaran melalui youtube sesuai dengan hasil observasi meningkat di setiap siklus, grafik peningkatannya menunjukan penilaian kategori sangat baik; (2) Hasil pemahaman peserta didik melalui melalui media video pembelajaran meningkat mulai dari persentase ketuntasan 16% menjadi persentase ketuntasan 88%; (3) penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman belajar masbuk dalam shalat peserta didik mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media video pembelajaran youtube, pemahaman belajar, masbuk dalam shalat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:32
Last Modified: 13 Oct 2025 03:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item