Hariyanti, Hariyanti (2024) Penerapan Strategi Active Learning Tipe True or False dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs DDI Kanang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203887220003 HARIYANTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS masih sangat kurang, hal ini ditandai dengan kurangnya variasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar, pembelajaran di kelas yang masih berpusat pada guru (teacher centered), dan rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan strategi active learning tipe true or false. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi active learning tipe true or false dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa terus mengalami peningkatan yang dimulai dari siklus I ke siklus II. (2) Efektivitas penerapan strategi active learning tipe true or false dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII MTs DDI Kanang dapat dilihat dari data yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian, adapun data persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh pada pelaksanaan siklus I sebesar 43,5%, dan pada pelaksanaan siklus II data persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh sebesar 56,7%, adapun peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebebsar 13,2%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active learning tipe true or false efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII MTs DDI Kanang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, True or False, Aktivitas Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 01:37
Last Modified: 13 Oct 2025 01:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item