Yusuf, Alfian (2023) Implementasi Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik SMA Negeri 1 Mamuju. Masters thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
2020203886108031 alfian yusuf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui implementasi penggunaan model blended learning di SMA Negeri 1 Mamuju. 2) mengetahui hasil belajar PAI peserta didik di SMA Negeri 1 Mamuju yang dengan menggunakan model blended learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan instrumen penelitian yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jangka lama penelitian 5 bulan yang bertempat disekolah SMA Negeri 1 Mamuju. Adapun sumber data primernya diambil dari wawancara kepada kepala sekolah, 2 guru PAI (MIPA dan IPS) dan 25 peserta didik SMA Negeri 1 Mamuju yang memiliki nilai sedang, sedangkan sumber data sekundernya diambil dari buku-buku, jurnal, ataupun karya tulis yang sudah terekomendasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta teknik keabsahan data yg digunakan peneliti adalah uji kredibilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi penggunaan model blended learning di SMA Negeri 1 Mamuju, konsep pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI SMA Negeri 1 Mamuju dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan dua model cara yaitu dengan online dan tatap muka dengan dilakukan 3 kali untuk daring atau online dan 5 kali untuk pembelajaran tatap muka dienam kelas dalam satu semester, hal ini sesuai dengan komposisi pola pembelajaran blended learning. Dalam pelaksanaan model blended learning, guru SMA Negeri 1 Mamuju melaksanakannya dengan 3 tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Hasil belajar PAI peserta didik di SMA Negeri 1 Mamuju dengan menggunakan model blended learning, hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Mamuju pada mata pelajaran PAI meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan melihat dari tanggapan peserta didik yang menyukainya dan peningkatan dari nilai semester peserta didik yang menunjukkan hasil memuaskan. Sehingga penerapan pelaksanaan pembelajaran blended learning sebagai metode dalam pembelajaran dapat menarik perhatian peserta didik pada saat materi pembelajaran berlangsung dikelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Blended Learning, Hasil Belajar PAI, Peserta Didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 01:10 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 03:32 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |