Pratiwi, Desy (2023) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar pada Materi Thaharah di UPTD SD Negeri 47 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886108023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar pada materi thaharah di UPTD SD Negeri 47 Parepare. Aplikasi Quizizz merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dilengkapi berbagai fitur yang memungkinkan guru membuat soal dengan lebih menarik dan bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Model yang digunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri 47 Parepare dengan mengambil sampel yaitu kelas IV sebanyak 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas IV UPTD SD Negeri 47 Parepare berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai dari sebaran angket sebesar 84.6% dari nilai ideal (1320). (2) Pelaksanaan evaluasi hasil belajar PAI dan Budi Pekerti menggunakan aplikasi Quizizz telah terlaksana dengan sangat baik, hal ini ditinjau dari hasil observasi aktivitas peserta didik yang berada pada kategori sangat baik yaitu 89% dan aktivitas guru yang berada pada kategori sangat baik yaitu 97.5%. (3) Efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar materi Thaharah di kelas IV UPTD SD Negeri 47 Parepare ditinjau dari segi respons peserta didik berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai dari sebaran angket yaitu 84.3% dari nilai ideal (1320). Sementara itu, jika ditinjau dari hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan menunjukkan skor pretest dengan rata-rata 63.41, median 61 dan nilai modus 61 sedangkan hasil belajar peserta didik setelah perlakuan menunjukkan skor posttest dengan rata-rata sebesar 90.59, median 91, dan nilai modus 91. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan menggunakan aplikasi Quizizz pada materi Thaharah di kelas IV UPTD SD Negeri 47 Parepare. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya pembelajaran bermakna bagi peserta didik untuk menikmati pembelajaran berbasis digital terkhusus pada proses evaluasi hasil belajar dengan menggunakan aplikasi Quizizz.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aplikasi Quizizz, evaluasi hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 00:51
Last Modified: 13 Oct 2025 03:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item