DESYANTI, DESYANTI (2025) Etika Komunikasi Dalam Penanganan Kredit Bermasalah Pada Pt. Bussan Auto Finance Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
DESYANTI_2020203870233015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) untuk mengetahui bentuk komunikasi yang dilakukan PT. Bussan Auto Finance Kota Parepare dalam penanganan kredit bermasalah, dan 2) untuk mengetahui etika komunikasi dalam penanganan kredit bermasalah di PT. Bussan Auto Finance Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terkait penelitian. Adapun informan penelitian ini adalah pegawai dan nasabah PT. Bussan Auto Finance Kota Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk komunikasi PT. Bussan Auto Finance (BAF) di Kota Parepare dalam menangani kredit bermasalah adalah bentuk komunikasi yang empatik, humanis, persuasif, terbuka dan transparan dalam menangani kredit bermasalah. Pendekatan ini mencakup negosiasi fleksibel, evaluasi kondisi nasabah, serta pemberian solusi seperti restrukturisasi atau penjadwalan ulang pembayaran. Pendekatan ini berhasil memperkuat hubungan antara perusahaan dan nasabah, menciptakan rasa saling percaya, dan meningkatkan tanggung jawab nasabah dalam memenuhi kewajibannya, sehingga tercapai solusi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. (2) Etika komunikasi dalam penanganan kredit bermasalah di PT. Bussan Auto Finance Kota Parepare menunjukkan pendekatan yang humanis dan profesional. Perusahaan memastikan komunikasi dilakukan dengan terbuka, empatik, dan tanpa menghakimi, memberikan ruang bagi nasabah untuk menyampaikan kendala mereka secara jujur. Meskipun perusahaan mengedepankan komunikasi yang humanis dan empatik dalam banyak situasi, ada kalanya komunikasi bisa terkesan kurang responsif terhadap nasabah yang mengalami masalah jangka panjang atau berulang. Terkadang nasabah merasa bahwa solusi yang ditawarkan tidak sepenuhnya mempertimbangkan jangka panjang atau tidak cukup memberikan ruang bagi nasabah untuk benar-benar pulih secara finansial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi, Penanganan Konflik, Kredit Bermasalah.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:00
Last Modified: 10 Oct 2025 03:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item