JAYANTI, NUR (2025) Tipe Komunikasi Keluarga dalam Mendukung Motivasi Berprestasi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
![]() |
Text (Full Text)
NUR JAYANTI 2020203870233010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tipe komunikasi keluarga dalam mendukung motivasi berprestasi mahasiswa dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Terdapat 5 mahasiswa yang menjadi informan sesuai dengan kriteria dalam penelitian ini. Data dianalisis mengan mengaitkan teori yang digunakan yaitu Skema Hubungan Keluarga dan Teori Motivasi Brprestasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare yang termasuk kedalam tipe konsensual, tipe pluralistik, tipe protektif, dan tipe lissez-faire hal ini ditinjau dari orientasi percakapan dan orientasi kepatuhannya. Melihat dari tipe keluarga dan dukungan keluarga secara bersamasama berhubungan secara signifikan dengan motivasi berprestasi. Perlu adanya dukungan dan perhatian kepada mahasiswa agar dapat mencapai prestasi yang baik di kampus. Serta perlu adanya langkah besar yang harus diambil oleh orang tua agar dapat mendorong motivasi berprestasi pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe Keluarga, Dukungan, Motivasi Berprestasi. |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:02 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:02 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |