YULINAR, YULINAR (2025) Analisis Isi Pesan Dakwah Meme Pada Postingan Instagram “Meme Dakwah Islam”. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
19.3100.053 _YULINAR.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian juga mengkaji bagaimana pesan-pesan ini relevan dengan ajaran Islam dan kebutuhan audiens. Penelitian sering mempelajari bagaimana meme menggunakan bahasa, humor, atau visual kreatif untuk menyampaikan pesan dakwah secara efektif. Gaya penyampaian ini meliputi penggunaan kata-kata ringan, ilustrasi menarik, atau sindiran yang tetap sesuai dengan adab Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pesan dakwah pada postingan Instagram @memedakwahislam menggunakan elemen visual menarik, teks yang mudah dipahami, dan humor relevan untuk menarik perhatian audiens muda. Meskipun terlihat ringan dan humoris, meme ini menyampaikan pesan agama Islam yang mendalam tentang akidah, akhlak, dan syariat Islam. Selain menghibur, meme dakwah juga berfungsi sebagai alat edukasi dan pengingat kewajiban ibadah serta pentingnya akhlak mulia. Pendekatan teori semiotika Charles Sanders Peirce relevan untuk menganalisis meme dakwah di media sosial, yang menggunakan ikon, indeks, dan simbol untuk menyampaikan pesan agama secara kreatif dan mudah dipahami, terutama oleh generasi muda. Meme dakwah menggabungkan elemen visual, teks, dan humor untuk menyampaikan pesan religius seperti keseimbangan dunia dan akhirat, ibadah, taubat, dan tujuan akhir di surga. Dengan penerapan teori framing, meme dakwah dapat mengangkat isu keagamaan secara menarik dan tetap sensitif, mendorong perubahan perilaku positif dan introspeksi spiritual tanpa terkesan menggurui. Kombinasi meme dakwah yang dinamis dengan media dakwah konvensional dapat menjadi strategi efektif untuk menjangkau lebih banyak segmen masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meme Dakwah, Teori Semiotika, Teori Framing |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:13 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |