Sukarni, Sukarni (2025) Motif dan Kepuasan Followers Akun Instagram @iainpareofficial. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3100.067 Sukarni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Ketika manusia menggunakan media ada banyak motif yang mendorongnya. Kebutuhan yang berbeda-beda diasosiakan dengan kepribadian seseorang, tahap-tahap kedewasaannya, latar belakang, dan peran sosialnya. Motif merupakan sebuah dorongan yang menggerakkan seseorang bertingkah laku dikarenakan adanya kebutuhan-kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian metode kuntitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari seluruh populasi followers akun Instagram @iainpareofficial dengan jumlah pengikut 7892 per November 2023.. Untuk menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus Slovin dengan sampel sebanyak 381followers. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kolmogrov smirnov test, statistikdeviation from linerity, one sample test, korelasi, model summarydan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 23 for windows. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan bahwa moti followers @iainpareofficial termasuk kategori baik dengan 81% sedangkan untuk kepuasan followers termasuk kategori sedang dengan 40%. Pada penelitian ini terdapat korelasi yang positif antara motif followers dengan kepuasan followers. Hal ini di buktikan dari dasar pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas jika probabilitas > 0.05 (taraf signifikan 5%) maka H0 di terima dan H1 di tolak dan jika probabilitas < 0.05 (taraf signifikan 5%) maka H0 di tolak dan H1 di terima, berdasarkan uji correlations menggunakan IMB SPSS 23 di ketahui nilai probabilitasnya sebesar 0.000 yang artinya 0.000< 0.05 dan R sebesar 0.544. maka dapat di simpulkan H0 di tolak dan H1 di terima yang artinya terdapat korelasi yang antara motif followers dan kepuasan followers. Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, hubungan antara motif followers dan kepuasan followers @iainpareofficial yaitu 7,38%, hal ini dapat dikategorikan sebagai hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: @iainpareofficial, Motif Followers, Kepuasan Followers
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:46
Last Modified: 10 Oct 2025 01:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item