Darmiati, Darmiati (2019) Hubungan pola komunikasi antara guru dan peserta didik dengan kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 10 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.1100.146.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pola komunikasi adalah bentuk hubungan dua orang atau lebih dalam proses penyampaian pesan (ide, gagasan, materi pelajaran) oleh seseorang kepada orang lain sehingga saling memengaruhi diantara keduanya. Dengan penerapan pola komunikasi yang baik dan efektif, pesan atau ilmu yang disampaikan kepada peserta didik dapat diterima dengan baik utamanya pada pembelajaran baca tulis al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola komunikasi antara guru dan peserta didik dengan kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 10 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 30 peserta didik dari 42 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus korelasi produk moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hubungan pola komunikasi antara guru dan peserta didik lebih cenderung pada kategori baik yaitu sebanyak 27 peserta didik (90%) dari jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik. (2) kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik dalam pembelajran pendidikan agama Islam lebih cenderung pada kategori baik yaitu sebanyak 21 peserta didik 70.00% dari jumlah sampel yang berjumlah 30 peserta didik.(3) Terdapat hubungan yang signifikansi antara pola komunikasi antara guru dan peserta didik dengan kemampua baca tulis al-Qur’an peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nilai signifikansi rhitung = 0.801 > rtabel 0,361 pada taraf signifikan 5%. Besarnya hubungan pola komunikasi antara guru dan peserta didik dengan kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah sebesar 80.1% dalam artian bahwa 19% lainnya hubungan ditentukan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 05:50 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 05:50 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1098 |
Actions (login required)
View Item |