HAMDIA, HAMDIA (2025) Analisis Pengaruh Layanan Teknologi Digital Banking Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Studi Kasus Pada BTN Syariah KCP Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203861206012 HAMDIA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh layanan teknologi digital banking dan service quality tehadap kepuasan nasabah BTN Syariah KCP Parepare.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan teknologi dan service quality pada BTN Syariah KCP Parepare, serta pengaruh layanan teknologi dan service quality terhadap kepuasan nasabah BTN Syariah KCP Parepare. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan mix method, penggabungan anatara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini yaitu nasabah BTN Syariah KCP Parepare yang aktif menggunakan mobile banking dan sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Layanan teknologi digital banking melalui aplikasi BTNS Mobile mampu memberikan keamanan sistem yang dijaga dengan enkripsi data dan autentikasi ketat untuk melindungi informasi pribadi nasabah dari acaman siber. Kemudahan penggunaan aplikasi yang user friendly mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. BTN Syariah juga mengedepankan privasi pengguna melalui verifikasi transaksi yang canggih, memastikan data nasabah tetap terlindungi. Service quality BTN Syariah yang mencakup dimensi tangibility, reliability, assurance, empathy, dan responsiveness, memberikan upaya peningkatan layanan yang dilakukan melalui perbaikan fitur aplikasi, penanganan masalah yang cepat dan tepat, pelatihan karyawan untuk meningkatkan profesionalisme dan kewaspadaan risiko, pendekatan emosional yang empatik terhadap nasabah, serta penyediaan layanan prioritas yang responsive. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel layanan teknologi digital banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dilihat dari hasil uji t nilai t hitung 2.082 > t tabel 2.045 dan nilai Sig 0,047 < 0,05. Variabel service quality secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dilihat dari hasil uji nilai t hitung 3,142 > t tabel 2,045 dan nilai Sig 0,004 < 0,05. Berdasarkan uji simultan (uji F) diperoleh F hitung 8,350 > F tabel 3,35 dan nilai Sig 0,002 < 0,05 maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh simultan antara variabel X1dan X2 terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: : Layanan Teknologi Digital Banking, Service Quality, Kepuasan Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 09 Oct 2025 07:06
Last Modified: 09 Oct 2025 07:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10965

Actions (login required)

View Item View Item