Hadijah, Hadijah (2025) Strategi Fundraising BAZNAS Polman Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki (Analisis Manajemen Zakat). Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
![]() |
Text (Full Text)
18.2700.008 HADIJAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi fundraising BAZNAS Polman Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki (Analisis Manajemen Zakat), namun di BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar belum maksimal dikarenakan kurangnya tenaga ahli yang mahir dalam manajemen media sosial. Serta kampanye zakat belum dijalankan secara konsisten akibat keterbatasan sumber daya manusia. Selain itu, banyak masyarakat yang masih belum terbuka hatinya untuk membayar zakat, sehingga pendekatan harus dilakukan dengan cara yang halus dan persuasif. tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui strategi fundraising seperti apa yang di gunakan pihak BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar untuk menarik muzakki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar. Dengan menggunakan metode yang akurat dan sesuai fakta berdasarkan objek penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi fundraising BAZNAS Polewali Mandar melalui media sosial menitikberatkan pada transparansi dan komunikasi yang kuat dengan muzakki. Dengan memanfaatkan platform seperti Facebook dan Instagram, serta membangun grup WhatsApp, BAZNAS berhasil menarik dan menjaga kepercayaan muzakki. Namun, peningkatan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang ini menjadi hal yang mendesak untuk lebih mengoptimalkan strategi yang ada. 2) Strategi fundraising melalui media sosial memberikan dampak positif yang signifikan bagi BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar, terutama dalam hal meningkatkan kesadaran dan menjangkau masyarakat luas. Namun, kendala dalam pengelolaan profesional media sosial dan keterbatasan sumber daya manusia menjadi tantangan yang perlu segera diatasi. Perbandingan antara fundraising langsung dan tidak langsung menunjukkan bahwa metode digital lebih efisien dan memiliki potensi yang lebih besar untuk dikembangkan di masa depan. 3) Strategi fundraising memiliki dampak positif yang signifikan terhadap manajemen zakat BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar. Strategi ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan muzakki, tetapi juga memperkuat transparansi dan akuntabilitas lembaga
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Fundraising, BAZNAS |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 06:47 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |