Basri, Muh. Ilham (2025) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN USAHA JALANGKOTE DI KOTA PAREPARE BERDASARKAN ETIKA BISNIS ISLAM. Other thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
18.2200.093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Layanan Usaha Jalangkote di Kota Parepare Berdasarkan Etika Binsis Islam. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan layanan usaha jalangkote di kota parepare. 2) untuk mengetahui perlindungan konsumen terhadap layanan usaha jalangkote di kota parepare. 3) untuk mengetahui layanan usaha jalangkote di kota parepare berdasarkan Etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan dalam pengumpulan data menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan teknik pengolahan data Uji Keabsahan Data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan untuk teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Layanan Usaha Jalangkote di Kota Parepare melakukan penjualan secara langsung di outlet, namun pemesanan bisa dilakukan secara offline maupun online melalui chat whatsapp dan dapat diambil langsung maupun melalui kurir dengan tambahan biaya ongkir. 2) Bentuk perlindungan konsumen terhadap layanan usaha Jalangkote di Kota Parepare yaitu, hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan, hak pemilihan produk, hak informasi yang benar, jelas, dan jujur, hak untuk didengar pendapat dan keluhan atas produk (jalangkote), hak diperlakukan atau dilayani secara benar, jujur dan tidak diskriminatif, dan hak untuk mendapatkan ganti rugi/penggantian produk, ketentuan ini diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Pasal 4. 3) Layanan usaha Jalangkote di Kota Parepare telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yakni Kesatuan (unity) menawarkan produk (jalangkote) dengan menetapkan harga yang sesuai dengan ukuran serta kualitasnya serta senantiasa memberikan penjelasan mengenai jalangkote dengan senyuman dan ramah, adil (equilibrium) yakni berbuat adil tanpa terkecuali tidak membedakan laki-laki atau perempuan, anak-anak ataupun orang dewasa, berkehendak bebas (free will) yakni memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih, serta memberikan masukan atau keluhan untuk perbaikan produk (jalangkote), tanggung jawab (responsibility) yakni penjual memberikaan tanggung jawab dalam bentuk ganti rugi/ penggantian produk jalangkote apabila yang didapatkan tidak sesuai, dan ihsan (kebajikan) yaitu kejujuran dalam memberikan pelayanan kepada konsumen seperti promosi, informasi serta tidak membeda-bedakan konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Layanan Usaha Jalangkote, Etika Bisnis Islam. |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:46 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |