Qofifah, Nurfadilah (2025) Analisis Faktor-Faktor Penyebab Piutang Rekening Air Pelanggan Terhadap Pendapatan PAM Tirta Karajae Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Nurfadilah Qofifah_2020203861211017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Piutang terjadi karena berbagai faktor yang berasal dari faktor internal dan eksternal, adanya piutang disebuah perusahaan mempengearuhi pendapatan perusahaan baik dari segi positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab piutang rekening air pelaanggan, dampak piutang terhadap pendapatan, dan proses pengendalian piutang yang dilakukan oleh PAM Tirta Karajae Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Serta metode pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Faktor-faktor penyebab piutang rekening air pelanggan berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: Tidak menganalisis atau mempertanyakan kemampuan membayar pelanggan sebelum persetujuan sambung baru, kurangnya staff tim penagih dan terlalu mudah memberikan kebijakan angsuran kepada pelanggan, dan keterlambatan dalam penagihan. Faktor eksternal meliputi: Kurangnya kesadaran pelanggan terhadap piutangnya sehingga mereka menunda pembayaran, pendapatan pelanggan terbatas, bisnis pelanggan tidak dapat bersaing dipasar sehingga kondisi bisninya tidak stabil, kenaikan tarif air, dan kejadian diluar kendali manusia terjadinya banjir mengakibatkan menurunnya pendapatan pelanggan. 2) Piutang rekening air pelanggan dapat mempengaruhi pendapatan PAM Tirta Karajae, namun data menunjukkan pendapatan perusahaan terus meningkat setiap tahun, walaupun adanya piutang hal ini disebabkan oleh faktor lain seperti pertumbuhan jumlah pelanggan, kenaikan tarif air, dan serta pendapatan tambahan dari denda pelanggan. 3) Proses pengendalian piutang PAM ada 4 tahapan yaitu: Pencatatan dan pengelolaan piutang dengan menggunakan aplikasi Bimasakti Alterra, melakukan rapat evaluasi tiap bulan dengan pihak pencatatan dan pengelolaan piutang dengan tujuan transaparansi terkait piutang, pembuatan laporan piutang setiap akhir bulan untuk menentukan strategi penagihan, dan PAM melakukan penyisihan piutang yang tidak dapat ditagih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Piutang Rekening Air Pelanggan, Pendapatan, Pengendalian Piutang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:43
Last Modified: 08 Oct 2025 03:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item