Hasmaniar, Hasmaniar (2025) Pengaruh Citra, Promosi, dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Manajemen Keuangan Syariah di IAIN Parepare Tahun 2023. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
2020203861211059 HASMANIAR_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan calon mahasiswa dalam memilih program studi menjadi hal yang sangat penting untuk melanjutkan studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra, promosi dan biaya pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih program studi manajemen keuangan syariah tahun 2023. Dan variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan memilih program studi manajemen keuangan syariah di IAIN Parepare tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, Penelitian dilaksanakan selama 42 hari di kampus IAIN Parepare. Observasi, angket, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. 117 orang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastitas, uji regresi linier berganda, uji pearson product moment, uji t dan f, dan uji koefisien determinasi R2 sebagai metode analisis datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji hipotesis untuk mengetahui sejauh mana setiap variabel mempengaruhi keputusan memilih program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra tidak berpengaruh secara signifikan, dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu (0,100), dan variabel promosi tidak berpengaruh secara signifikan, dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu (0,478), sedangkan pada variabel biaya pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih program studi, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,000), yang mengindikasikan bahwa biaya pendidikan menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan. Adapun pada uji F terdapat pengaruh simultan atau bersama-sama antara citra, promosi, dan biaya pendidikan terhadap keputusan memilih dengan nilai Fhitung (46,659) > Ftabel (2,689). Dengan Temuan ini menyarankan bahwa perguruan tinggi perlu mempertimbangkan biaya pendidikan sebagai faktor penting dalam merancang strategi pemasaran untuk menarik minat calon mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra, Promosi, Biaya Pendidikan, dan Keputusan Memilih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:24 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:24 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |