Rukmana, Siti Adrianti (2023) Pengaruh Penggunaan Media Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Patampanua. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
1SKRIPSI SITI ADRIANTI RUKMANA ACC 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan media Whatsapp di kelas VIII SMP Negeri 2 Patampanua, untuk mengetahui tingkat hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Patampanua, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Whatsapp tehadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Patampanua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model ex-post facto. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas data, uji linieritas data, uji signifikan koefisien korelasi, uji hipotesis penelitian, uji analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai sig diperoleh dari One Sample Test, yaitu = 0,000. Karena nilai sig = 0,000 < α = 0,05, maka H0 ditolak. Penggunaan media Whatsapp dapat diketahui dari angket yang telah disebar ke-62 peserta didik yaitu penggunaan media Whatsapp peserta didik (Variabel X) adalah 4173 : 5270 = 0,791 atau 79,1% dari kriterium yang ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Whatsapp peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Patampanua termasuk kategori sedang. (2) Nilai sig diperoleh dari One Sample Test, yaitu = 0,000. Karena nilai sig = 0,000 < α = 0,05, maka H0 ditolak. Hasil beljar peserta didik dapat diketahui dari nilai raport dengan jumlah 62 peserta didik yaitu hasil belajar peserta didik (Variabel Y) adalah 5005 : 5518 = 0,907 atau 90,7% dari kriterium yang ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Patampanua termasuk kategori sangat tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Whatsapp terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik. Ŷ = 38,555 + 0,627. Dimana Y adalah tingkat hasil belajar peserta didik, sedangkan X adalah penggunaan media Whatsapp. Diketahui nilai R Square sebesar 0,683. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh penggunaan media Whatsapp (X) terhadap hasil belajar peserta didik (Y) sebesar 68,3%. Sedangkan 32,7% hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Whatsapp, Hasil Belajar PAI Peserta Didik
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:09
Last Modified: 08 Oct 2025 03:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10926

Actions (login required)

View Item View Item