Putri, Wina Adelia (2025) Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna BSI Mobile Banking Pada Bsi KCP Sidrap. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
2020203861211052 WINA ADELIA PUTRI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi, banyak bank termasuk BSI, mengandalkan aplikasi Mobile Banking untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang. BSI sebagai bank syariah tentu memiliki tantangan tersendiri dalam memastikan bahwa aplikasi BSI Mobile yang mereka tawarkan tidak hanya memenuhi standar kualitas layanan digital, tetapi juga sejalan dengan prinsip-prinsip syariah yang menjadi dasar operasional mereka. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan digital dan tingkat kepercayaan nasabah terhadap aplikasi tersebut mempengaruhi tingkat kepuasan mereka dalam menggunakan BSI Mobile pada BSI KCP Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan kuisioner dibagikan kepada 100 responden nasabah pengguna BSI Mobile Banking. Analisis data menggunakan regresi linear berganda diolah menggunakan program SPSS Statistic 30.0. Berdasarkan hasil uji t (parsial) pengaruh E-Service Quality sebesar 0,001> dengan nilai signifikansi 0,05 dan nilai t hitung 4.060 < dari nilai t tabel 1,984 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa variabel E-Service Quality (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan nasabah pengguna BSI Mobile Banking pada BSI KCP Sidrap(Y). Pengaruh variabel E-Trust terhadap Kepuasan Nasabah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 7.348 > dari nilai t tabel 1,984 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa variabel E-Trust (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna BSI Mobile Banking pada BSI KCP Sidrap. (Y). Selanjutnya uji simultan (f) untuk pengaruh E- Service Quality (X1) dan E-Trust (X2) sebesar 0,001< 0,05 dan nilai f hitung 27.728 > dari nilai f tabel 3,090 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan Variabel E- Service Quality (X1) dan E-Trust (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan pengguna BSI Mobile Banking pada BSI KCP Sidrap(Y).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Quality, E-Trust, Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:46 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |