Fadillah, Dina (2025) Penerapan Aplikasi PhET Simulation pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
Dina Fadillah 2020203884206015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Pemahaman siswa terhadap materi gelombang sering kali terhambat karena sifatnya yang abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang interaktif. Oleh karena itu, penerapan aplikasi PhET Simulation diharapkan dapat membantu siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang dalam memvisualisasikan konsep gelombang secara lebih konkret serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka melalui eksplorasi dan eksperimen virtual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menerapkan Aplikasi PhET Simulation pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang serta untuk mengetahui kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang. Metode peneltian yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas dengan penerapan Aplikasi PhET Simulation melalui 2 siklus dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang dengan pengumpulan data yaitu observasi dan test serta analisis data menggunakan kriteria persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang dalam pembelajaran materi gelombang mengalami peningkatan merujuk pada beberapa indikator yaitu kemampuan berpikir kritis siswa pada menganalisis, mengevaluasi, dan menarik kesimpulan melalui II siklus penelitian dengan tingkat keberhasilan penerapan yaitu sebesar 100% pada kategori kemampuan berpikir kritis Baik. Penerapan Phet Simulation pada materi gelombang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui simulasi interaktif phet simulation melalui 3 tahapan siklus dengan penerapan pada materi gelombang seperti peningkatan keterampilan analisis dalam menghubungkan konsep teori dengan hasil eksperimen serta keaktifan dalam berdiskusi dan pembelajaran yang mengedepankan analisis dalam menyusun kesimpulan secara sistematis efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Enrekang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi PhET Simulation, Berpikir Kritis, Materi Gelombang |
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES > 0499 Other Earth Sciences > 049999 Earth Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:04 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |