Nisya, Nurul and Ashari, Novita and Palintan, Tien Asmara and Natsir, Tri Ayu Lestari (2025) Pengembangan Permainan Tradisional Ma’benteng untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari-04. Jurnal Pelita PAUD, 9 (2). pp. 591-603. ISSN 2548-6284 (Submitted)

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
artikel nurul nisya 2120203886207005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (618kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B melalui pengembangan permainan tradisional ma’benteng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) melalui pengembangan model Borg & Gall. Tahap pengembangannya terdiri dari 10 tahapan, akan tetapi dalam penelitian yang dilakukan ini berhenti pada tahap 7 yaitu tahap revisi produk setelah dilakukan uji coba produk. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat validitas produk yang dikembangkan ini mencapai hasil penilaian dengan kategori ‘Sangat Layak’ dari ketiga validator, yakni 90% oleh ahli materi, 82% oleh ahli media, dan 89% oleh ahli bahasa. Sementara itu, data dari uji coba produk menunjukkan respon yang sangat positif, dengan hasil lembar observasi guru mencapai 100% dengan kategori ‘Sangat Baik’, lembar observasi anak sebesar 92% dengan kategori ‘Sangat Layak’, dan angket respon guru sebesar 97% dengan kategori ‘Sangat Layak’. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memperoleh hasil bahwa pengembangan permainan tradisional ma’benteng ini dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, permainan tradisional ma’benteng, kecerdasan interpersonal
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:13
Last Modified: 07 Oct 2025 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item