Misbar, Nurul Fadilah and Ashari, Novita and Mulianah, Sri and Nurul, Asqia (2025) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Al-Aqsha Parepare. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1). pp. 175-187. ISSN 2622-0547 (Submitted)
![]() |
Text (Full Text)
ARTIKEL NURUL FADILAH MISBAR 2120203886207007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (649kB) |
Abstract
Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran. PHBS perlu diperkenalkan kepada anak usia dini untuk mengadopsi kebiasaan baru seperti, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, agar terhindar dari hal-hal yang berbahaya untuk kesehatan. Penelitian ini dilatar belakangi adanya kebutuhan media yang dapat membantu anak usia dini dalam memahami Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan benar. Penelitian ini ditujukan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi anak-anak di TK Al-Aqsha melalui modul PHBS. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg dan Gall, yang mencakup sepuluh tahapan. Namun dalam pelaksanaannya, pengembangan hanya dilaksanakan hingga tahap ketujuh, yakni revisi produk berdasarkan hasil uji coba. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa validasi oleh ahli materi mencapai 92%, validasi oleh ahli media sebesar 98%, dan oleh ahli bahasa sebesar 91%, yang seluruhnya masuk dalam kategori "Sangat Layak". Penilaian guru melalui lembar observasi menunjukkan tingkat kelayakan 100% dengan kategori "Sangat Baik", observasi terhadap anak memperoleh skor 89% dengan kategori "Sangat Layak", dan hasil angket respons dari guru mencapai 95%, juga dalam kategori "Sangat Layak". Dengan demikian, pengembangan perangkat pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran PHBS pada anak usia dini. The implementation of Clean and Healthy Living Behavior (CHLB) in schools involves a set of behaviors practiced by students, teachers, and the school community based on awareness. PHBS needs to be introduced in early childhood to adopt new habits such as maintaining personal and environmental hygiene, to avoid things that are harmful to health. This research is motivated by the need for media that can help early childhood understand Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) correctly. This research aims to design and develop learning media related to Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) for children at Al-Aqsha Kindergarten through the PHBS module. The method used is Research and Development (R&D) with a development model from Borg and Gall, which includes ten stages. However, in its implementation, the development was only carried out until the seventh stage, namely product revision based on trial results. The results showed that validation by material experts reached 92%, validation by media experts amounted to 98%, and by linguists amounted to 91%, all of which fell into the “Very Feasible” category. Teacher assessment through the observation sheet showed a feasibility level of 100% in the “Very Good” category, observation of children scored 89% in the “Very Good” category, and the results of the teacher response questionnaire reached 95%, also in the “Very Good” category. Thus, the development of this learning tool has proven effective in improving PHBS learning in early childhood.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 01:24 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 01:24 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |