Apliana, Aulia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMPN 10 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203887220012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penerapan pemikiran kritis dan kreatif pada siswa sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar mereka dalam konteks pendidikan di Indonesia. Kemampuan berpikir kritis membantu mereka untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara rasional, sedangkan kreativitas memungkinkan mereka menghasilkan ide-ide baru yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII SMPN 10 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas VIII.1 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner yang mengukur kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah penerapan model PBL. Data yang telah didaptatkan kemudian diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan yang signifikan pada kedua variabel tersebut, yang tercermin pada nilai n-gain yang menunjukkan peningkatan pada kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memiliki tingkat efektivitas yang rendah dengan nilai N-Gain 0,12 dalam meningkatkan kreativitas siswa sedangkan model pembelajaran berbasis masalah memiliki tingkat efektivitas yang sangat tinggi denga N-Gain sebesar 0,37 dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Secara bersamaan model PBL dapat dikategorikan sangat efektif dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan nilai effect size sebesar 1,2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kreativitas, Kemampuan Berpikir kritis.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:13
Last Modified: 09 Oct 2025 00:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item View Item