Nurhikma, Nurhikma (2025) PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMPN 9 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203887220040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran mahasiswa kampus mengajar dalam menumbuhkan sikap sosial peserta didik dan mendeskripsikan peranan mahasiswa kampus mengajar untuk menumbuhkan sikap sosial pada peserta didik dan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan Mahasiswa kampus mengajar serta menumbuhkan sikap sosial pada peserta didik kelas VIII SMPN 9 Parepare pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif yang menggunakan data primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi kepada 7 informan yaitu 3 informan mahasiswa kampus mengajar, 1 informan Guru IPS dan 3 informan peserta didik. Data sekunder berupa berkas-berkas yang digunakan oleh mahasiswa program kampus mengajar serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun analisis data menggunakan data reduksi, penyajian dan data analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar yang mencakup empat aspek utama: sebagai kontrol sosial, mahasiswa berfungsi untuk mengawasi perkembangan sosial peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai sosial yang positif dalam karakter mereka; sebagai agen perubahan, mereka menerapkan pendekatan inovatif yang mendorong pengembangan sikap sosial dan karakter peserta didik serta merangsang pemikiran kritis dan empati; sebagai aset cadangan, mahasiswa mempersiapkan diri untuk mengajarkan akhlak dan nilai sosial kepada generasi muda; dan sebagai pelopor perubahan, mahasiswa menggunakan kreativitas dan teknologi untuk menciptakan perubahan positif di kelas. (2) Metode yang digunakan mencakup pendekatan kolaboratif dan kooperatif, melalui diskusi kelompok dan kegiatan berbasis proyek sosial yang mendorong kerja sama antar peserta didik. (3) Strategi yang diterapkan antara lain pembelajaran berbasis interaktif, pengajaran melalui keteladanan (role modeling), serta diskusi dan refleksi kelompok, yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam situasi sosial kontekstual. Penelitian ini menegaskan bahwa kehadiran mahasiswa Kampus Mengajar mampu memberikan kontribusi positif dalam penguatan sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS yang bermakna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampus Mengajar, Sikap Sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:17
Last Modified: 09 Oct 2025 00:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10883

Actions (login required)

View Item View Item