Hikmayani Arsyad, Nurul (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI UPTD SMP NEGERI SATAP 4 BARRU. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203887220014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran tidak hanya disebabkan oleh faktor internal siswa, tetapi juga dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahapan implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri Satu Atap 4 Barru; dan (2) peningkatan keaktifan belajar siswa melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri Satu Atap 4 Barru. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran IPS berbasis proyek dilaksanakan secara sistematis dalam dua siklus dengan mengikuti Tahap tahap, 1) Tahapan pembelajaran IPS berbasis proyek dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di VII SMP Negeri Satap 4 Barru melalui dua siklus, dilaksanakan sebanyak empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan meliputi tahapan, pertanyaan esensial, tahap perencanaan proyek, tahap mengatur waktu, tahap pomonitoran kemajuan proyek dan tahap penilaian hasil proyek. (2). Hasil penelitian pada tahap pra siklus menggunakan metode ceramah menyebabkan siswa cenderung tidak memiliki motivasi dan tidak aktif mengikuti pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mempunyai pengalaman belajar dalam proses pemebelajaran. Kemudian dilanjutkan pada tahap siklus 1 dimana peneliti menggunkanan model Project beased learning namun keaktifan belajar siswa masih perlu ditingkatkan. Pada silkus ke 2 dengan menggunakan project based learning, maka keaktifan belajar siswa dinyatakan meningkat dengan (a) menentukan pertanyaan mendasar, (b) merancang perencanaan proyek, (c) menyusun jadwal, (d) memantau kemajuan proyek, (e) menguji hasil, dan (f) melakukan evaluasi pengalaman belajar. (2) Peningkatan ditunjukkan melalui empat indikator: Perhatian meningkat dari 76,25% menjadi 97,5%, partisipasi dari 80% menjadi 98,75%, pemahaman dari 75% menjadi 97,5%, dan kerja sama dari 75% menjadi 98,75%. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan pendekatan berbasis proyek ke dalam pembelajaran IPS guna mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan siswa secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran IPS, PTK
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:18
Last Modified: 09 Oct 2025 00:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item