Antang, Antang (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOWS SHOPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 MATTIRO BULU. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
19.1700.056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Guru Sebagai fasilitator pembelajaran memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Model Pembelajaran windows shopping menjadi alternatif untuk memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajarm windows shoping dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mattiro Bulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian berfokus pada kondisi hasil belajar IPS sebelum dan sesudah diterapkannya metode Wilndows Shopping. Penelitian dilakukan dengan 4 tahap prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan memanfaatkan dokumentasi sebagai pendukung. Data di analisis dengan Teknik analisis statistik deskriptif yaitu Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran windows shopping di kelas VIII SMP Negeri 1 Mattiro Bulu sudah berdasarkan sintak. Penerapan model pembelajaan windows shopping berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dibuktikan dengan terjadinya pembelajaran kolaboratif dan meningkatnya hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa 75 dan hasil belajar pada siklus II dengan niki rata-rata 95.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Windows Shopping, Hasil belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:22
Last Modified: 09 Oct 2025 00:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item