Ira, Ira (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII PADA MATA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 2 DUAMPANUA PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
18.1700.060.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS di tingkat SMP sering kali masih berorientasi pada hafalan dan ceramah, yang menyebabkan rendahnya kemampuan kognitif siswa dalam memahami dan menganalisis materi. Padahal, kemampuan kognitif sangat penting dalam membekali siswa untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah sosial di kehidupan nyata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Duampanua Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Solving, dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Pratest dan posttest yang dianalisis dengan bantuan software IBM SPSS Statistics, serta melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Duampanua Pinrang. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata postes kelas eksperimen dari 63,79 menjadi 85,34, melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Sementara itu, kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan Problem Solving hanya menunjukkan peningkatan yang lebih rendah, dari 63,67 menjadi 77,00. Penerapan model pembelajaran Problem Solving memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran melalui pengenalan masalah nyata, eksplorasi solusi, diskusi kelompok, serta refleksi dan evaluasi hasil.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Solving, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPS, Siswa SMP, |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:24 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 00:24 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |