Yusril Amri, Adrian (2025) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
18.1700.046 .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 10 Parepare Kelas VII dengan menggunakan metode Video Pembelajaran. Metode penelitian ini yang di gunakan dalami iskripsii iinii iadalahi ijenisi ipenelitiani iQuasii iExperimenti idengani imetodei ikuantitatif.i i Datai idalami ipenelitiani iinii idiperolehi idarii iseluruhi ipopulasii idalami ipenelitiani iinii iadalahi iseluruh kelas VII, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara jelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan video pembelajaran dan kelas control yang menggunakan metode konvensional. Instrument pengumpulan data data berupa tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan video pembelajaran dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penggunaan video pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan hasili ibelajari ipesertai ididiki ipadai imatai ipelajarani iIPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Video Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 00:25 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |