Marcela Ruliana, Sheila (2025) PENGARUH PERHATIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 10 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
18.1700.041 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Perhatian guru merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi proses dan hasil belajar peserta didik. Dalam konteks pembelajaran IPS, perhatian guru tidak hanya menciptakan interaksi yang positif di dalam kelas, tetapi juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perhatian guru, tingkat motivasi belajar peserta didik, serta pengaruh perhatian guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert, yang disebarkan kepada 35 siswa kelas VIII.1 sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji korelasi untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perhatian guru berada dalam kategori tinggi, dengan rata-rata skor 31,43 atau 78,57% dari skor maksimal. Motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, dengan rata-rata skor 32,31 atau 80,79%. Nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 6,987 > t tabel 2,034 membuktikan bahwa perhatian guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perhatian guru, motivasi belajar, pembelajaran IPS, peserta didik, regresi linear
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:26
Last Modified: 09 Oct 2025 00:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item View Item