Umar, Umar (2025) NILAI-NILAI TRADISI MA’TAMBA BULUNG DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SMPN 1 ATAP KALEOKKECAMATAN BINUANG POLEWALI MANDAR. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
18.1700.027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tradisi Ma’tamba Bulung merupakan warisan budaya masyarakat Pattae yang mengandung nilai religius, sosial, dan lingkungan yang dapat dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Tradisi ini relevan dengan pendekatan konstruktivisme yang menekankan pembelajaran kontekstual melalui pengalaman langsung, interaksi, dan refleksi siswa.Dengan integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran IPS, diharapkan siswa mampu mengembangkan pengetahuan sekaligus karakter yang sesuai dengan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi Ma’tamba Bulung, menganalisis metode penanaman nilai tersebut melalui pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPS, serta mengevaluasi hasil penerapannya di SMPN 1 Atap Kaleok.Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis etnografi.Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi.Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi Ma’tamba Bulung meliputi gotong royong, musyawarah, penghormatan terhadap perempuan, serta kepedulian terhadap lingkungan yang relevan dengan pembelajaran IPS. Nilai-nilai tersebut ditanamkan melalui pendekatan konstruktivisme dengan cara mengaitkan pengalaman budaya siswa dalam kegiatan mengamati, berdiskusi, dan merefleksikan makna tradisi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penerapan menunjukkan bahwa siswa tidak hanya lebih memahami materi IPS secara kontekstual, tetapi juga mengalami perkembangan sikap sosial seperti tanggung jawab, toleransi, dan solidaritas, serta menumbuhkan kecintaan mereka terhadap budaya lokal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Tradisi Ma’tamba Bulung, Pembelajaran IPS, Pendekatan Konstruktivisme |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:28 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 00:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |