Juharman, Juharman (2025) INTEGRASI NILAI TRADISI “MAPPETTU ADA” DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
18.1700.022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk integrasi nilai-nilai tradisi Mappettu Ada dalam pembelajaran IPS, nilai-nilai utama yang terkandung di dalamnya, serta kendala yang dihadapi dalam proses pengintegrasiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru IPS, kepala sekolah, tokoh adat, dan siswa di SMP Negeri 10 Pinrang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai tradisi Mappettu Ada diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS melalui pengaitan materi dengan konteks budaya lokal, penggunaan metode diskusi, dan pemanfaatan sumber belajar yang sesuai. Nilai-nilai utama yang terkandung dalam tradisi tersebut meliputi musyawarah, gotong royong, keadilan dan kesetaraan, kebijakan lokal, serta tanggung jawab sosial dan moral. Kendala dalam proses integrasi meliputi keterbatasan sumber ajar, kurangnya pelatihan guru, dan rendahnya minat siswa terhadap budaya lokal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mappettu Ada, IPS, integrasi nilai |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:30 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 00:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |