Sudarmin, Sudarmin (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
18.1700.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya terjadi di sekolah saja, akan tetapi di tiga pusat yang lazim dikenal dengan tri pusat pendidikan. Model pembelajaran adalah sebagai suatu desain memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadinya perkembangan pada diri siswa. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik dikelas VIII SMP Negeri 6 Parepare pada mata pelajaran IPS, penerapan model pembelajaran Mind Mapping dikelas VIII SMPN 6 Parepare pada mata pelajaran IPS, dan seberapa efektif model Mind Mapping terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 6 Parepare. Jenis penelitian adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian ini adalah Intact-Group Coparsion dan pendekatan penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik tes menggunakan teknik pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan uji dengan independent test serta uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Motivasi Belajar peserta didik di SMP Negeri 6 Parepare sebelum diberi perlakuan (Pre-Testt) berada pada kategori cukup baik. Model Mind Mapping di kelas VIII SMPN 6 Parepare diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran dan motivasi oleh guru, pembentukan kelompok secara heterogen, penjelasan mekanisme kerja proyek, pelaksanaan proyek secara kolaboratif dan mandiri oleh peserta didik, presentasi hasil proyek, serta pemberian umpan balik. Secara keseluruhan, model ini mampu meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS.(2) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 6 Parepare sebelum perlakuan tergolong cukup baik, meski beberapa masih level sedang. model pembelajaran Mind Mapping meliputi penjelasan tujuan pembelajaran, pembentukan kelompok heterogen, pengerjaan Mind Mapping secara kolaboratif, presentasi dan review hasil Mind Mapping. Model ini mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS. Rata-rata skor motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen meningkat 11 poin dari 76,23 menjadi 87,42 setelah diberi perlakuan model Mind Mapping. Sementara di kelas kontrol yang tetap menggunakan model pembelajaran konvensional, rata-ratanya hanya naik 3,83 poin dari 78,57 menjadi 82,40. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model mind mapping, motivasi Belajar, Pelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:31
Last Modified: 09 Oct 2025 00:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item