Asliani, Nur (2025) PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII A SMPN SATAP 5 BARAKA KABUPATEN ENREKANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
2020203887220033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Circuit lerning bertujuan meningkatkan pemahaman konsep, daya ingat, dan kreativitas peserta didik melalui proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan model circuit learning dengan menggunakan media peta konsep di SMPN Satap 5 Baraka, dan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS di SMPN Satap 5 Baraka melalui model tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penerapan model circuit learning dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi untuk mengamati dan mencatat perilaku objek sasaran, tes pre test dan post tes untuk mengetahui pencapaian belajar peserta didik dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dan beragam mengenai pendapat peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan mulai dari pra siklus sampai dengan siklus II. Peserta didik yang mencapai KKM pada pra-siklus, 50%, setelah penerapan model circuit learning dengan menggunakan media peta konsep, di Siklus I peserta didik yang mencapai KKM sebesar 60%, dan pada Siklus II, peserta didik yang mencapai KKM dengan persentase 85%. Hal ini menunjukkan setelah penerapan model circuit learning dengan menggunakan media peta konsep, hasil belajar peserta didik meningkat dan juga meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model circuit learning, Peta konsep, Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:34 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 00:34 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |