Hidayat, Muhammad (2025) Efforts to Foster Students’ Ecological Awareness Through an Ecopedagogical Approach in Social Studies at SMPN 4 Parepare. IAIN PAREPARE. pp. 1-14. ISSN 2685-0141

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203887220018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus untuk mengkaji implementasi pembelajaran berbasis ekopedagogik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 4 Parepare, dengan fokus pada kontribusinya dalam menumbuhkan kesadaran ekologis peserta didik. Pembelajaran berbasis ekopedagogik mengintegrasikan teori yang dipelajari di kelas dengan pengalaman praktis terkait lingkungan hidup, mengajak siswa untuk tidak hanya memahami isu-isu lingkungan tetapi juga memiliki tanggung jawab terhadap kelestarian alam. Di SMP Negeri 4 Parepare, penerapan pendekatan ini melalui metode Pembelajaran Berbasis Proyek dan Masalah (PBL) serta pembelajaran kontekstual terbukti meningkatkan kesadaran ekologis siswa, seperti dalam kegiatan penghijauan dan pengelolaan sampah. Namun, implementasi pembelajaran ini tidak terlepas dari tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, anggaran, dan waktu dalam kurikulum. Meskipun demikian, sekolah telah berupaya mengatasi kendala-kendala tersebut dengan menggunakan pendekatan kreatif, seperti kerjasama dengan lembaga eksternal dan penggunaan metode pembelajaran yang lebih fleksibel. Keterlibatan siswa dalam kegiatan berbasis ekopedagogik, seperti program "Jumat Bersih" dan penghijauan, menunjukkan dampak positif terhadap perilaku ramah lingkungan mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun dihadapkan pada berbagai kendala, pembelajaran berbasis ekopedagogik di SMP Negeri 4 Parepare berhasil meningkatkan kesadaran ekologis siswa dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Ekopedagogik; Kesadaran Ekologis; PBL; Ilmu Pengetahuan Sosial; Pendidikan Lingkungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:43
Last Modified: 09 Oct 2025 00:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10867

Actions (login required)

View Item View Item