Ikhwana, Ikhwana (2025) NILAI-NILAI PAPPASENG DALAM PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN IPS Di SMPN 8 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
2120203887220008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Pappaseng merupakan warisan budaya Bugis yang berbentuk pesan, petuah, atau nasihat yang diwariskan secara lisan maupun tertulis oleh para orang tua dan tokoh bijak terdahulu. Pappaseng memuat nilai-nilai luhur seperti kejujuran (lempu’), tanggung jawab, keberanian, kerja keras, serta penghormatan terhadap sesama dan alam, yang menjadi panduan hidup masyarakat Bugis dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut tidak hanya mencerminkan kearifan lokal, tetapi juga memiliki keselarasan dengan dimensi-dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila, khususnya dalam pembentukan karakter peserta didik yang beriman dan bertakwa, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, serta berkebinekaan global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam proses pengumpulan data menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik analisis data yang digunakan meliputi proses merangkum data (reduksi data), menyusun data agar lebih mudah dipahami (penyajian data), serta menarik kesimpulan dari data yang telah dianalisis. Berdasarkan temuan penelitian dapat dikemukakan bahwa: 1). Ada 4 nilai-nilai pappaseng yang dimanfaatkan pada pembelajaran IPS di SMPN 8 Parepare yakni nilai kejujuran (lempu’), nilai kebijaksanaan, nilai keteguhan (getteng), dam nilai siri. Nilai-nilai tersebut telah dimanfaatkan dalam proses pembelajaran IPS untuk mendukung proses pembentukan karakter peserta didik, 2). Dalam penerapan pappaseng melalui projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) terbukti membawa pengaruh yang baik dalam membentuk karakter peserta didik, khususnya dalam empat dimensi, yaitu: berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, dan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pappaseng, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, IPS, Karakter. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:44 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 00:44 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |