Yulanda, Yulanda (2025) The Contribution of Social Studies Education in Shaping Students' Environmental Awareness at SMP Negeri 4 Parepare: A Case Study of an Adiwiyata Awardee School. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 15 (2). pp. 1-10. ISSN 2685-0141

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1700.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Isu kerusakan lingkungan yang semakin kritis, seperti polusi, deforestasi, dan pengelolaan sampah yang tidak efisien, memerlukan perhatian yang serius dalam upaya menciptakan kesadaran ekologis sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam membentuk sikap peduli lingkungan siswa di SMP Negeri 4 Parepare, yang merupakan sekolah penerima penghargaan Adiwiyata. Pembelajaran berbasis lingkungan yang diterapkan di sekolah ini mengintegrasikan materi terkait isu-isu lingkungan dengan kegiatan praktis, seperti penghijauan dan pengelolaan sampah, untuk meningkatkan kesadaran ekologis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, melibatkan observasi, wawancara dengan siswa, guru, dan kepala sekolah, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran yang berfokus pada prinsip-prinsip lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Parepare berhasil menanamkan sikap peduli lingkungan pada siswa. Aktivitas praktis yang melibatkan siswa dalam kegiatan nyata, seperti penanaman pohon dan kampanye kebersihan, memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dan teladan dalam menerapkan pendidikan berbasis Adiwiyata sangat mendukung keberhasilan pembelajaran ini. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi pembelajaran IPS berbasis lingkungan dapat membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan, dan dapat dijadikan referensi bagi sekolah lain dalam mengembangkan pendidikan lingkungan yang efektif.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS; Sikap Peduli Lingkungan; Program Adiwiyat; Pendidikan Berbasis Lingkungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:57
Last Modified: 09 Oct 2025 00:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item View Item